Selayang Pandang Tentang E-Bikons FR

by - 1:43 AM

Apa sih e-bikons FR itu ? Semakin pesatnya kebutuhan masyarakat akan media informasi yang praktis dan diakses di manapun dan kapanpun. Selain itu pemanfaatan media informasi melalui jaringan internet sangat ditekankan dewasa ini, apalagi pada tahun ajaran baru nanti yakni 2014/2015 MAN Puruk Cahu akan menerapkan sistem kurikulum baru yang namanya sudah kita kenal yakni Kurikulum 2013. Secara garis besarnya kurikulum itu menekankan kepada tenaga pengajar dan pendidik untuk memanfaatkan media teknologi dan informasi dalam melaksanakan tugasnya. Terinspirasi dari hal tersebut maka saya selaku Guru Bimbingan Konseling MAN Puruk Cahu berinisiatif melakukan sesuatu yang baru dalam hal menyampaikan informasi bimbingan dan konseling.

Melalui jaringan internet dapat mempermudah sebagian kegiatan layanan bimbingan dan sangat efisien untuk menekan biaya. Sebagai contoh di sekolah seorang guru BK di samping harus memanggil siswa ketika ada masalah dan lain sebagainya, dia juga harus mencari permasalahan seluruh siswa tersebut tanpa harus menunggu gejalanya muncul ke permukaan. Salah satu cara untuk melakukan hal tersebut adalah dengan menyebarkan instrumen seperti angket kepada seluruh siswa yang ada di sekolah. Pemanfaatan media online dapat menekan biaya hingga 80% daripada langsung membagi lembaran-lembaran instrumen kepada peserta didik yang ada di sekolah.

Kembali ke e-bikons FR tadi, e-bikons  merupakan singkatan dari Elektronik Bimbingan Konseling dan FR adalah inisial saya sebagai admin dari blog ini yakni FAISAL RAHMAN. Saya berharap siswa merasa terbantu dengan terobosan baru ini.

You May Also Like

0 komentar