Materi TIK Kelas X Sub Bab IV : Manajemen File

by - 12:07 AM

Windows Explorer dapat digunakan untuk mengelola hasil kerja Anda. File yang Anda hasilkan dapat diatur dalam  folder tertentu sehingga memudahkan pencarian file saat Anda membutuhkan. Sebelum mengatur file hasil kerja Anda, kenalilah dahulu cara meng- gunakan alat-alat dalam Windows Explorer. Pelajarilah dengan menyimak uraian berikut.

  • Membongkar Isi Windows Explorer

Perhatikan contoh tampilan Windows Explorer  berikut.
 
Gambar: Tampilan folder dalam Windows Explorer

Perhatikan tanda di depan  folder   Data kerja A dan Data kerja B. Di depan  folder   Data kerja A terdapat tanda +. Tanda ini berarti  folder   Data kerja A memuat beberapa  folder  serta  file. Akan tetapi, kita belum mengetahui  folder   serta  file   tersebut. Untuk mengetahui isinya kita harus
menguraikan folder  Data kerja A. Penguraian ini akan menyebabkan tanda + berubah menjadi tanda –. Tanda – di depan folder  Data kerja B menandakan bahwa folder Data kerja B telah diuraikan menjadi  folder  , yaitu  folder   KERJAAN 1 dan folder KERJAAN 2.

  • Memilih Folder  atau File

Suatu saat Anda pasti akan mengolah atau mengelola file maupun folder. Makna mengolah ini bermacam-macam, misalnya menggandakan/ menyalin (copy), menghapus (delete), memindah, atau menamakan kembali (rename). File atau folder  yang akan dikelola harus dipilih dahulu. Pemilihan ini disebut melakukan blok. Tanda dari sebuah  file atau  folder   yang dipilih adalah nama file atau folder  terlihat dilingkupi kotak berwarna gelap.
 
Gambar: Tampilan file yang sudah terseleks


Langkah untuk memilih sebuah file dengan mouse sebagai berikut.
  1. Bukalah Windows Explorer. Kemudian bukalah  folder   atau drive tempat file atau folder  yang akan dipilih.
  2. Letakkan kursor pada file atau folder  yang akan dipilih.
  3. Lakukan satu kali klik kiri pada  file atau  folder. File atau  folder   yang telah Anda pilih akan dilingkupi tanda blok.


  • Menggandakan Folder  atau File

Dalam komputer kita dapat menggandakan atau menyalin data. Penggandaan ini dapat dilakukan dalam jumlah banyak. Data yang biasa digandakan adalah  file dan  folder. Penggandaan file atau folder dilakukan untuk memperbanyak file atau  folder. Penggandaan juga digunakan untuk menambahkan  file dalam folder lain, menyimpan file dalam cakram padat (CD) atau flash disk, serta menambahkan  file   dalam komputer lain. Langkah untuk menggandakan file atau folder  sebagai berikut.
  1. Jalankan program Windows Explorer.
  2. Pilih file atau folder yang akan disalin.
  3. Klik menu Edit kemudian klik submenu Copy.
  4. Klik folder  tujuan atau folder lokasi file akan ditempatkan.
  5. Klik menu Edit kemudian klik submenu Paste.

Tunggulah beberapa saat hingga muncul gambar kertas melayang dari satu map ke map lainnya. Saat tampilan ini hilang, proses penggandaan telah selesai.

Selain cara tadi, menyalin  file dapat pula dilakukan dengan klik kanan. Simaklah langkah-langkah berikut ini.
  1. Pilihlah folder  atau file yang akan disalin.
  2. Klik kanan pada  folder   atau  file  tersebut. Komputer akan memunculkan beberapa pilihan perintah. Pilihlah perintah Copy.
  3. Masuklah ke folder  tujuan (lakukan klik ganda pada  folder  tujuan). Di ruang yang kosong lakukanlah klik kanan. Kemudian pilihlah perintah Paste. Pada layar akan tampak proses penyalinan yang baru saja Anda Lakukan

.
Gambar: Klik perintah Paste
  •  Menghapus Folder atau File

Data hasil kerja disimpan dalam cakram keras (hard disk). Semakin banyak data kerja yang Anda simpan, tentu hard disk semakin penuh. Jika ruang kosong dalam cakram keras sedikit, kerja dalam komputer menjadi lambat. Untuk mengantisipasi hal ini Anda dapat melakukan beberapa cara.

Cara pertama yaitu memindahkan data pada media simpanan luar (compact disk,  flash disk,  atau external hard disk). Cara kedua yaitu menghapus data yang sudah tidak dipakai. Cara kedua ini dapat Anda ikuti pada uraian berikut.

Prinsip penghapusan file atau folder dalam komputer mirip dengan prinsip pembuangan sampah dalam kehidupan sehari-hari. Di rumah, Anda dapat membuang sampah ke keranjang sampah. Setelah itu Anda membuangnya ke tempat pembuangan sampah umum atau tempat pembuangan sampah di kebun. Akan tetapi, Anda dapat pula langsung membuang sampah ke tempat pembuangan sampah umum. Dalam komputer proses penghapusan data juga dapat dilakukan dengan dua cara. 

Cara pertama, menghapus data ke  Recycle Bin. Kemudian, data dalam Recycle Bin dihapus lagi. 
Cara kedua dapat Anda simak pada kotak Kiat Cepat di samping. Langkah untuk menghapus  file   atau  folder  ke Recycle Bin  sebagai berikut.
  1. Jalankan program Windows Explorer.
  2. Pilih file atau folder  yang akan dihapus.
  3. Klik menu File kemudian pilih Delete.
  4. Sesaat kemudian akan muncul kotak dialog seperti gambar berikut.

Gambar: Kotak dialog menghapus folder
 Pilih Yes jika Anda benar-benar ingin menghapus file atau folder  itu.

  • Mengembalikan Folder  atau File

Jika  file  atau  folder   yang dihapus masih tersimpan di dalam Recycle Bin, file atau folder ini dapat ”dipulihkan” dan digunakan kembali. Langkah untuk mengembalikan  file  atau  folder sebagai berikut.
  1. Jalankan program Windows Explorer.
  2. Klik ganda pada  folder    Recycle Bin. Kemudian pilihlah file atau folder  yang akan dikembalikan.
  3. Saat file atau folder  masih terpilih, lakukan klik pada menu File kemudian pilih Restore.

Gambar: File dalam Recycle Bin yang akan dipulihkan
  • Membuat Folder  Baru

Folder dapat berisi kumpulan  file dan  folder  . File dan  folder   biasanya dikumpulkan dalam suatu  folder  karena memiliki sifat yang sama. Sebagai contoh  folder  ”Matematika” berisi  subfolder   ”Geometri”, ”Bilangan”, dan ”Vektor”. Dalam subfolder   ”Geometri” berisi  file  ”Bangun Ruang”. Langkah yang dapat Anda gunakan untuk membuat  folder   baru sebagai berikut.
  1. Jalankan program Windows Explorer.
  2. Pilih drive atau folder  induk tempat folder  baru akan ditempatkan.
  3. Klik menu File, arahkan ke submenu New, lalu klik Folder.
  4. Pada daftar  file dan  folder   akan muncul New Folder  yang diblok. Ketikkan nama untuk  folder baru tersebut. Akhiri proses ini dengan menekan tombol Enter.
Gambar: Membuat folder baru


Gambar: Memberi nama folder baru

  • Memasukkan Atau Memindah File dalam Folder 

Setelah menghasilkan banyak data, mungkin saja ada file  yang Anda tempatkan di  folder   yang salah. Sebagai contoh Anda membuat  file   tentang akuntansi tetapi Anda letakkan di dalam folder  artikel Biologi. Berarti Anda perlu merapikan data-data tersebut. Untuk merapikan data-data tersebut Anda perlu melakukan beberapa langkah berikut.
  1. Jalankan program Windows Explorer.
  2. Pilih file  atau folder  yang akan dipindah.
  3. Klik menu Edit kemudian pilih Copy.
  4. Klik folder  tujuan, kemudian klik Paste di dalam folder  ini.
  5. Setelah selesai pemindahan, hapuslah file  asli yang Anda pilih pada langkah b tadi.

Pemindahan data dapat pula Anda lakukan dengan menu Cut  dan kemudian  Paste  pada  folder  yang dituju. Simak langkah-langkah pemindahan berikut ini.
  1. Jalankan program Windows Explorer.
  2. Pilih file  atau folder  yang akan dipindah.
  3. Klik menu Edit kemudian pilih Cut.
  4. Klik folder  tujuan, kemudian klik Paste di dalam folder  tujuan ini.

  • Menyimpan File atau Folder  di Media Penyimpanan

Selain dapat disimpan di dalam  hard disk,  file  dan  folder   dapat disimpan di dalam disket atau  flash disk. Cara yang dapat Anda lakukan sebagai berikut.

a.  Menyimpan File dan Folder dalam Disket
  1. Masukkan disket pada drivenya.
  2. Bukalah Windows Explorer.
  3. Pilihlah file atau folder  yang akan Anda simpan dalam disket.
  4. Klik menu Edit kemudian pilih Copy.
  5. Klik ganda Floppy A. Klik menu Edit  kemudian pilih Paste. Sesaat kemudian akan muncul tanda proses penyalinan. Tunggulah proses pemindahan data ini hingga selesai.

 b. Menyimpan File dan Folder dalam Flash Disk 
  1. Masukkan flash disk pada drive-nya.
  2. Bukalah Windows Explorer.
  3. Pilihlah file atau folder  yang akan Anda simpan dalam flash disk.
  4. Klik menu Edit kemudian pilih Copy.
  5. Klik ganda flash disk (biasanya ditulis Removable Disk, tetapi dapat pula ditulis sesuai nama yang Anda berikan). Klik menu Edit kemudian pilih Paste. Sesaat kemudian akan muncul tanda proses penyalinan. Tunggulah proses pemindahan data ini hingga selesai.

Sumber materi dan gambar :
Mulyanto, Ali Muhson (2010) Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas X. Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional

You May Also Like

1 komentar

  1. Sama2 gan, salam knal juga & thanks atas kunjungannya :)

    BalasHapus